Sabtu, 31 Maret 2012

RANGKAIAN PENGONTROL SUHU RUANGAN

Dalam dunia yang sudah maju saat ini, khususnya di bidang elektronika banyak
sekali dibuat alat-alat elektronika untuk mempermudah aktifitas manusia
sehari-hari. Alat elektronika tersebut bisa kita peroleh dengan cara membuatnya sendiri dengan biaya yang cukup terjangkau. Kita
dapat membuat alat-alat elektronik sederhana dengan menggunakan komponen-komponen yang dapat mudah dibeli disekitar kita. Alat tersebut dapat kita rakit sesuai dengan petunjuk yang telah ada. Karena pada saat ini banyak sekali buku-buku yang

beredar yang membahas tentang cara mudah merakit alat elektronika sederhana.Salah satunya adalah alat pengaturan suhu ruang. Dimana alat ini sangat berguna sekali pada saat sekarang ini. Terutama di kota Jakarta yang udaranya cukup panas pada siang hari. Walaupun sekarang ini sudah banyak orang yang sudah beralih ke AC tetapi alat ini adalah dasar dari alat pendingin.



Ini merupakan sebuah sirkuit elektronik yang dapat digunakan sebagai rangkaian pengontrol suhu ruangan otomatis. Sirkuit saklar sebuah miniatur relay HIDUP atau MATI sesuai dengan suhu terdeteksi oleh satu keping sensor suhu LM35. Bila LM35 mendeteksi suhu yang lebih tinggi dari tingkat preset (ditetapkan oleh VR1), maka relay akan berkerja.
Ketika suhu berada di bawah preset suhu, relay tidak akan memberikan tenaga kepada beban yang akan kita gunakan. Misalnya saja beban yang kita pakai adalah Lampu, atau kipas angin. Rangkaian ini dapat diaktifkan melalui tegangan AC atau tegangan DC 12V dengan pasokan (100mA min.)
Sebenarnya, tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkunganya. Di lingkungan yang dingin saluaran darah dan pori-pori  kulit mengkerut. Hal ini berfungsi agar panas atau kalori tubuh tetap terjaga. Akibatnya permukaan kulit akan menjadi dingin.  Sebaliknya,dalam kondisi lingkungan yang panas saluran darah akan mengembang agar panas bisa dengan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh, akibatnya permukaan kulit cenderung basah, karena keringat sebagai proses penguapan untuk menjaga suhu tubuh.
Uraian diatas menggambarkan bahwa pada dasarnya tubuh manusia sangup mempertahankan kondisi tubuh dalam berbagai keadaan. Namun, tentunya setiap manusia memiliki batasan yang berbeda untuk beradaptasi di suatu lingkungan. Maka dari itu perlu alat bantu berupa rangkaian pengontrol suhu ruangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar